Pertemuan Kedua Kelas 8 Excel

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office ExcelOffice ExcelMS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja.

Oleh sebab itu syarat utama untuk bisa menggunakan program aplikasi excel ini, komputer yang anda gunakan harus sudah terinstal sistem operasi (operating sistem) Windows atau Mac terlebih dahulu.

Microsoft Excel adalah salah satu dari sekian banyak Program Aplikasi yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan angka.

Jadi jika di dalam komputer Anda sudah Terinstal Office Word atau powerpoint, maka kemungkinan besar Office Excel juga sudah bisa Anda gunakan


salah satu hal yang membuat Excel banyak digunakan adalah kelengkapan fitur Formulas dan Functions atau dikenal sebagai Rumus Excel dan Fungsi Excel dalam bahasa Indonesia.


Yang perlu dicatat bahwa cara menggunakan rumus microsoft excel selalu diawali tanda sama dengan (=). Jadi dalam menuliskan rumus pada excel harus didahului dengan sama dengan (=).

Selain itu dalam sebuah rumus excel bisa melibatkan fungsi excel, referensi, konstanta dan umumnya juga melibatkan operator dasar pada microsoft excel.

Sebagai contoh misalnya kita akan menjumlahkan angka 10,20,30 maka formula excelnya adalah:

=10+20+30

Contoh lain jika kita ingin mencari rata-rata dari 10,20,30 maka rumus excelnya adalah:

=(10+20+30)/3

Pada kedua contoh rumus excel di atas, formula excel tersebut menggunakan konstanta(10,20,30,3) serta operator penjumlahan(+) dan pembagian(/).

Contoh rumus excel yang melibatkan fungsi excel adalah sebagai berikut:

Sebagai contoh, jika kita akan menjumlahkan data berupa angka 10,20,30 maka fungsi yang dapat Anda gunakan adalah fungsi SUM:

=SUM(10;20;30)

Sedangkan untuk mencari rata-rata data tersebut kita gunakan fungsi AVERAGE:

=AVERAGE(10;20;30)

Jika hanya melibatkan tiga angka sebagaimana contoh diatas tentu belum ada perbedaan yang cukup berarti namun coba bayangkan jika kita sudah berhadapan dengan ratusan atau bahkan ribuan data. Keberadaan fungsi pada microsoft excel akan benar-benar kita rasakan manfaatnya.

  • SAMA DENGAN(=): Tanda sama dengan atau “=” merupakan tanda awal dari penulisan formula atau rumus excel yang harus dituliskan jika kita hendak membuat atau menggunakan formula apapun.
  • FUNGSI: Fungsi merupakan sebuah kode tertentu yang melakukan kalkulasi tertentu di excel berdasarkan susunan argumen yang telah di tetapkan pada microsoft excel.
    Fungsi bisa digunakan untuk menjalankan perhitungan sederhana atau kompleks. Misalnya fungsi SUM yang merupakan sebuah Fungsi excel yang digunakan untuk menjumlahkan data.
  • REFERENSI: Referensi adalah acuan pada sebuah sel atau range pada lembar kerja, baik pada sheet yang sama maupun sheet yang berbeda.
    Pada contoh di atas misalnya B2:B5 merupakan referensi dalam bentuk Range (Kumpulan Cell) sedangkan C2 Merupakan Referensi dalam bentuk sel tunggal.
  • KONSTANTA: Konstanta merupakan nilai yang bukan hasil dari sebuah kalkulasi perhitungan, karena itu nilainya selalu sama atau tidak berubah. Konstanta dapat berbentuk teks maupun angka yang dimasukkan langsung ke rumus, misalnya angka 3
  • OPERATOR: Operator merupakan simbol karakter yang menentukan tipe perhitungan yang ingin anda jalankan pada sebuah rumus excel.
    Pada contoh diatas yang termasuk operator adalah tanda * (perkalian) dan / (pembagian). Untuk lebih jelas tentang operator silahkan baca artikel tentang

  • NAMAFUNGSI(Argument1;Argument2;Argument3;dst...)






    1. IF

    Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.

     

    Rumus IF

    IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

     

    Contoh IF

    =IF(2<3,"Benar","Salah") > "Benar" =IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"

     

    2. SUM

    Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan angka.

     

    Rumus SUM

    Sum(number1,[number2],..]

     

    Contoh SUM

    =sum(2,3,5,6,11) > 28 =sum(a1,a2)

     

    3. Count

    Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka.

     

    Rumus Count

    count(value1,[value2],..]

     

    Contoh Count

    =count(a1:a10)

     

    4. CountA

    Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya.

     

    Rumus CountA

    counta(value1,[value2],..]

     

    Contoh CountA

    =counta(a1:a10)

     

    5. CountIF

    Fungsi rumus Excel CountIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.

     

    Rumus CountIF

    countif(range,criteria)

     

    Contoh CountIF

    =countif(a1:a10,"A")

     

    6. SumIF

    Fungsi rumus Excel SumIF adalah menjumlahkan suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi tertentu.

     

    Rumus SumIF

    sumif(range,criteria,[sum_range])

     

    Contoh SumIF

    =sumif(a1:a6,"Tempe",B1:B6)

     

    7. Match

    Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu.

     

    Rumus Match

    match(lookup_value,lookup_array,[match_type])

     

    Contoh Match

    =match("Jojon",A1:A20,0)

     

    8. SumIfs

    Fungsi rumus Excel SumIfs adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut. Misalnya kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.

     

    Rumus SumIfs

    sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)

     

    Contoh SumIfs

    =sumifs(d1:d10,a1:a10,'Jojon",E1:E10,"Februari")

     

    9. Round

    Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.

     

    Rumus Round

    round(number,num_digit)

     

    Contoh Round

    =round(12:3456789,2)

     

    10. Trim

    Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.

     

    Rumus Trim

    trim(text)

     

    Contoh Trim

    =trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari ")

     

     

    12. Upper

    Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah teks ke bentuk upper case (huruf besar semua)

     

    Rumus Upper

    Upper(text)

     

    Contoh Upper

    =upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") > INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA

     

    13. Lower

    Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).

     

    Rumus Lower

    lower(text)

     

    Contoh Lower

    =lower("JANGAN LUPA MENCUCI TANGAN") > jangan lupa mencuci tangan








    Sumber: 

    https://www.kelasexcel.id/p/tutorial-excel-dasar.html

    https://www.topkarir.com/article/detail/rumus-excel-yang-sering-digunakan-dalam-dunia-kerja-wajib-catat-nih

    Comments

    Popular posts from this blog

    liputan kegiatan digilabs -faiq tugas 7

    Jawaban Ulangan TIK -M. Faiq Misyal 8A-22

    Informatika rangkuman bab 7 Faiq