Informatika rangkuman bab 7 Faiq

 Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas. contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya: kalian perlu menuju bioskop, memilih film yang ingin ditonton, lalu antre di loket tiket, memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer. 


Algoritma diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah lainnya. Proses untuk membuat program yang efisien dan efektif memerlukan pemilihan informasi yang tepat untuk digunakan, bagaimana memproses dan menyimpannya, menyelesaikan permasalahan besar menjadi kasus yang lebih kecil, mengombinasikan solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan mencoba analisis solusi baru lainnya. 


Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir sendiri. Komputer menjalankan perintah yang diberikan atau yang sudah tersimpan. Komputer meminta pengguna memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui apa yang dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut 'kode'. Pemrograman adalah elemen dari kurikulum Informatika karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.


Scratch yang dapat diakses secara online maupun di-install langsung di komputer kalian. Untuk akses online, dapat melalui halaman: https://scratch.mit.edu/. Instalasi aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui halaman: https:// scratch.mit.edu/download. 

Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. 


ini adalah tampilan pertama setelah membuat project di scratch







 

Comments

Popular posts from this blog

tugas ke 7 TIK

liputan kegiatan digilabs -faiq tugas 7